Skip to main content

follow us

Mungkin memang harus begitu, untuk menyelesaikan sesuatu berikan jeda waktu, jangan paksakan selesai saat itu.

Separoh dari hari ini adalah waktu yang membuat saya merasa kesal hati. Bagaimana tidak, maksud hati melakukan optimasi iklan adsense malah berujung pada raibnya penampakan iklan tersebut pada penayangan laman blog

Optimasi yang saya maksud saya lakukan adalah membuat iklan bawah header (yang tadinya hanya tampil di home page) juga bisa tampil di halaman postingan - tepat diatas judul artikel, dengan men-setting tag kondisional-nya

Berhasil. Iklan pun muncul di atas judul artikel.

Entah apa alasannya saya kemudian membuka email akun adsense saya. Dari beberapa notifikasi yang masuk (kebanyakan tentang pemberitahuan mengenai keamanan akun karena saya login dari perangkat berbeda) saya tertarik dengan penawaran dari google tentang fitur baru eksperimen Adsense Labs yaitu Iklan Otomatis AMP yang masih dalam versi Beta.

Sesuai instruksi di email saya pun login ke akun adsense saya untuk melakukan aktivasi fitur Iklan Otomatis AMP tersebut dengan menggeser button ke sisi kanan hingga indikatornya berwarna biru, tanda fitur yang dimaksud telah aktif untuk selanjutnya mengambil kode iklan.

Kembali ke blog, beberapa saat saya belum sadar kalo iklan adsense di blog saya ini 'tidak tampak'. Setelah menyadarinya sayapun mencoba me-refres dengan harapan iklan akan tampak setelah itu. Tapi tetap tidak muncul batang hidungnya (sampe lupa kalo iklan itu gak punya batang hidung).

Yang terpikirkan pertama kali, mestilah karena jaringan 3G OPPO R815 saya yang lemot (tadinya pake 4G Sony Xperia M4 Aqua, sebelum disekolahkan /dijual karena satu alasan). Tapi selemot-lemotnya jaringan 3G saya kalo di refres biasanya iklan tetap muncul walaupun sedikit lebih lama.

Asumsi kedua Banned, wah ini yang bikin lemes, kalo sempat benar begitu.

Saya pun browsing siapa tau ada pengalaman rekan-rekan blogger lain bagaimana mengatasi hal ini, minimal penjelasan yang sangat masuk akal. Yang saya temukan, untuk kejadian seperti ini bisa disebabkan banyak hal dan selalu salah sataunya adalah Banned.

Saya masih berharap bukan itu, karena saya masih bisa mengakses akun saya. Lagipula baik di akun maupun di email tidak ada satupun notifikasi yang mengatakan akun saya kena banned. Sampai-sampai pengalaman Mas Adhy (Kompi Ajaib) yang membuat laman privacy policy untuk mengatasi masalah yang (hampir) sama - saya lakukan. Padahal saya sudah punya tu privacy policy. Tapi siapa tau karena bahasa Indonesia kurang pas. Sayapun menggantinya dengan yang baru versi bahasa inggris.

Tapi iklan tetap tidak tampil.

Sebelum memutuskan untuk memberi jeda waktu (entah ke google atau ke saya sendiri) saya masih menyempatkan diri untuk bertanya pada Mas Yanto (WongCungkup) lewat komen disqus - siapa tau beliau punya saran atau sejenisnya.

Saya pun memutuskan untuk tidak memikirkannya beberapa jenak (rencananya sich dua hari) setelah sebelumnya mencabut semua kode iklan yang terpasang.

Tapi saya hanya bisa menunggu kurang lebih 2 jam. Sumpah, kejadian ini sangat menggangu. Sepintas kebayang wajah Dono Warkop dengan ekspresi wajahnya kalo lagi ngomong "gila lu Ndro, belum juga dapat PIN, belum juga sempat PO, Banned!"

Asumsi terakhir saya adalah satu diantara kesalahan kode akibat otak-atik template yang saya lakukan terakhir. Andaikan saya kembalikan semua pada setting awal sebelum saya otak-atik mungkin masalahnya akan beres.

Ternyata (juga) tidak.

Sampai hal terakhir yang terpikir (dan belum dikembalikan ke pengaturan awal) adalah aktivasi fitur eksperimen Adsense Labs tersebut. Walaupun rada gak yakin saya tetap login ke akun adsense saya dan menggeser button aktivasinya sehingga tidak lagi dalam posisi aktif.

Dan saya kembali ke blog untuk mencoba memasang satu unit iklan percobaab dan jreng...jreng...jreng....iklannya muncul kawan....,

Lega luar biasa.

Dasar Adsense Labs bisa-bisanya buat otak saya hampir kolap eh kalap.

You Might Also Like:

Newest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar