Skip to main content

follow us

Memilih domain (yang original dan unik) adalah lebih kepada bagaimana kita ingin diingat, sedangkan (memilih domain dengan) kata kunci adalah bagaimana kita ingin dicari - Wientor Rah Mada

Domain itu ibarat sebuah rumah, hanya saja secara geografis ia tidak memilki wilayah fisik. Namun tujuannya sama, sebagaimana kita ingin seseorang mudah untuk mengetahui posisi rumah kita demikian juga domain, kita ingin orang mengingatnya dengan mudah, mengejanya dengan mewah, ketika seseorang mencari sesuatu di dunia maya, ia tahu harus kemana.

Masalahnya memori manusia lebih mudah mengingat informasi dengan kode yang unik dan cenderung mengabaikan informasi yang sama dan biasa. Untuk itu sebuah domain blog sebisa mungkin (saya tidak mengatakan harus lho ya) original dan unik

Maksudnya adalah tidak sama atau mirip dengan orang lain (tak terhitung berapa kali saya salah berhenti di depan rumah orang hanya karena semua rumah di perumnas itu sama), tidak sulit di eja, enak di dengar. Selain itu domain seharusnya simpel, catchy dan usahakan tidak terlalu panjang.

Hindari pemakaian angka, kecuali ada alasan khusus harus memakai angka dalam domain. Satu lagi, sebisa mungkin mewakili karakter si pemiliki blog atau mewakili konsep bisnisnya.

Beberapa orang menganjurkan memakai kata kunci (keyword) ketika memilih domain, contohnya blog tipsseokiller.blogspot.com, atau trikmudahseo.blogspot.com. Ada juga yang menggunakan nama adminnya seperti sugeng.id. Tentu saja tidak ada yang salah dengan saran itu karena pada akhirnya kembali kepada tujuan seseorang membangun blog.

Sebuah nama atau kata kunci sekalipun bisa dibuat unik dengan cara menambahkan atau menggabungkan nama atau keyword dengan karakteristik atau sifat dari sebuah kata, seperti blog saungmaman.com (saung + maman), unik bukan?, enak di eja dan rima katanya pun mengena

Contoh lain, blog maxmanroe.com (saya gak tau bagaiman kata ini dipadu-padankan yang saya tau domain ini seperti singkatan dari nama adminnya – Marikxon Manurung).

Untuk contoh domain unik dengan kata kunci, saya yakin semua setuju kalo domain carafun.com itu unik. Menurut saya itu gabungan dari dua kata; cara+fun, tapi ketika digabung ia menjadi utuh sebagai sebuah karakter kata dan terkesan iconik. Saya pikir hanya kreativitaslah batasannya

Terlepas dari itu semua, saya pribadi lebih suka membranding blog dengan nama yang memberi kesan personal.

Seperti 8 blog berikut ini, tidak hanya luar biasa dalam aspek optimasi dan perkembangannya, mereka juga menggunakan nama blog dengan domain yang original dan unik sehingga melekat dalam ingatan pengguna.

Sebelumnya saya harus mengatakan bahwa listing ini sifatnya relatif karena parameter yang digunakan hanya berdasarkan pada preferensi admin blog BADEe sendiri.

#1 BixBux.com


BixBux adalah blog milik seorang pebisnis online bernama Wientor Rah Mada yang isinya membahas mengenai blogging dan seputar internet marketing seperti affiliate marketing, bisnis cpa, online marketing, entrepreneurship, sosial media dan teknologi serta bagaimana semua hal itu berkonstribusi pada dalam kehidupan sehari-hari.

Menurut adminnya sebagaimana dikutif dari blog Bixbux, Wientor Rah Mada membutuhkan waktu hampir sebulan untuk mencari nama domain yang sesuai dengan konsep internet marketing.

BixBux sendiri adalah akronim dari kata Big Bucks, yang artinya ‘duwit yang banyak’. Sesuai dengan tujuan dari blognya, yaitu untuk membantu orang-orang mendapatkan nilai lebih dari sebuah internet marketing yang salah satunya adalah duit yang banyak.

#2 Hipwee.com


Hipwee adalah sebuah blog yang konsepnya berbasis forum komunitas. Blog ini dibangun untuk mengakomodasi kebutuhan generasi muda dalam berkreasi dan menunjukkan jati diri yang sebenarnya, yang dulunya kurang mendapat dukungan dari media-media mainstream yang ada di indonesia.

Saya suka blog ini karena artikel-artikelnya yang ditulis dalam perspektif yang tidak terduga, selalu mampu melebihi ekspektasi. Kalau ingin belajar membuat judul artikel yang menarik Hipwee adalah salah satu yang paling direkomendasikan diantaranya

Saya pribadi tidak tahu bagaimana ide nama domain ini muncul dan apa artinya (seperti google, sebuah domain tidak selalu punya arti khusus atau punya sejarah bagaimana ia ditemukan). Tapi domain ini memenuhi semua syarat sebuah domain yang original dan unik, simpel, catchy dan mengusik atensi.

#3 Kaskus.co.id


Kaskus adalah situs forum komunitas terbesar di Indonesia yang dibangun oleh Andrew Darwis, Ronald Stephanus, dan Budi Dharmawan sejak tahun 1999. Basis pengguna forum komunitas ini tersebar di Indonesia dan luar negeri, dari usia remaja sampai orang dewasa.

Kaskus sendiri adalah singkatan dari Kasak Kusuk. Tidak ada arti baku tentang kata ini tapi kira-kira artinya adalah "membicarakan sesuatu secara sembunyi-sembunyi dengan cara berbisik".

Ada yang bilang kasak-kusuk adalah salah satu jenis komunikasi kuno dan tertua dalam membentuk dan menyebarkan opini bahkan ada yang bilang kalau kasak-kusuk adalah jurnalisme tertua di dunia yang hingga kini belum runtuh keampuhannya

Saya gak tau pasti tentang itu, tapi jika dihubungkan dengan konsep media blog, saya pikir nyambung. Kaskus telah menjadi media jurnalisme dengan jumlah jutaan pengguna (kaskuser) yang tersebar sampai ke luar negeri.

#4 Mojok.co


Mojok.co adalah blog yang konsepnya juga berbasis pengguna, menampung penulis-penulis muda berbakat dan kreatif di indonesia. Menurut saya penulis-penulis di Mojok.com tidak hanya kreatif mereka juga bisa menjadi sedikit nakal, sebuah masalah yang tadinya seharusnya serius bisa dibuat jadi lucu dan menghibur tapi tetap dengan bahasa yang cerdas.

Selain Puthut EA selaku Kepala Suku di Mojok.co, kita juga akan sering menemukan tulisan seorang Agus Mulyadi, itu.... blogger yang penulis buku “Jomblo Tapi Hafal Pancasila’ itu.

Nama domain mojok itu kalo dipikir kesannya asal comot, tapi kalo dipikir-pikir lagi kata ‘mojok’ itu sendiri (selain identik dengan urusan pacaran) kata ini juga menunjukkan sebuah posisi strategis dimana seseorang bisa mengamati perilaku orang lain dengan jangkauan pandangan yang lebih leluasa. Mungkin saja begitu juga filosofinya, siapa tau?!

#5 Qureta.com


Blog ini juga dibangun berbasis pada konstribusi dari pengguna. Sebuah blog yang bertujuan merawat dan mengembangkan tradisi literasi di Indonesia. Di tengah maraknya situs yang mengumbar informasi instan tanpa kedalaman.

Berbeda dengan blog yang lainnya, qureta adalah bacaan yang sedikit serius dengan parade penulis-penulis hebat yang ada di dalamnya seperti Goenawan Muhamad, Ayu Utami, Luthfy Assyaukanie, Nirwan Dewanto, Okky Madasari bahkan Rizal Mallarangeng adalah konstributor tetap di qureta.

Saya juga melakukan riset kecil-kecilan tentang arti kata qureta, tapi sampai artikel ini di post saya belum menemukannya. Seperti halnya hipwee, domain qureta juga terdengar keren, singkat dan berkarakter dan elegan.

#6 Malesbanget.com


Blog malesbanget.com dibangun oleh 6 sekawan yang salah satunya adalah artis Kristian Sugiono, tujuannya untuk memberi informasi tentang hal-hal yang terjadi disekitar dengan gaya penulisan khas anak muda.

Layaknya sebuah media cetak blog malesbanget.com dikelola secara serius oleh sebuah tim dalam sebuah manajemen redaksional dengan pembagian tugas dan tanggungjawab sesuai preferensi bidang masing-masing, dengan tetap memberi kesempatan bagi siapa saja untuk menjadi konstributor tentu saja.

Nama domain malesbanget sendiri seperti sebuah majas (majas paradoks) dimana nama domainnya sengaja dibuat bertentangan dengan kenyataan. Konsep seperti ini dipercaya efektif dalam menstimulasi atensi pengguna karena unsur pertentangannya.

Setahu saya dulu ada blog dengan domain yang identik seperti ini yaitu bloggermalas.com miliki seorang pebisnis online yang dipanggil Kang Misbah. Tapi domain itu sekarang sudah tidak aktif.

#7 Sitlicious.com


Ide penemuan domain blog yang satu ini rada dramatis. Diawali dari niatan admin blognya Alitt Susanto yang ingin membukukan postingan-postingan di blog dan di akun facebook-nya dan ditolak.

Tentu saja bukan Alitt namanya kalo langsung nyerah, ketika kemudian penerbit Gradien Mediatama menerima naskah bukunya ia pun harus menerima satu tugas sebagai syarat diterimanya naskah tersebut.

Tugasnya juga bukan sesuatu yang berat, Alitt harus bisa menemukan "benang merah" atau tema sebagai penyambung dari semua cerita-cerita di naskah buku itu.

Alitt pun membaca dan membaca lagi naskah bukunya sampai akhirnya ia sadar, kalau sebagian besar cerita-cerita yang ditulis di naskah itu adalah soal bagaimana apes / sial-nya hidup Alitt selama di Yogya. Akhirnya ketemulah benang merah yang dimaksud yaitu "sial" (shit dalam bahasa inggris).

Jadi Shitlicious adalah akronim dari Shit dan Delicious. Shit di sini mewakili "apes" dan Delicious ungkapan sesuatu yang enak untuk dinikmati. Karena walaupun cerita-cerita yang dia tulis kebanyak cerita apesnya, tapi setidaknya Alitt udah berusaha mati-matian agar cerita itu bisa dinikmati oleh pembaca.

#8 Djangkarubumi.com


Blog Djangkarubumi adalah blog personal yang memuat tulisan admin blognya yang ngakunya tukang photo (tapi) bukan photographer. Artikel yang ditulis pun lintas sekmentasi dari bisnis, jaringan sosial, budaya, wisata, kuliner, komunitas, kehidupan dan tentang hubungan.

Sebenarnya apapun yang tertangkap lensa kognisinya akan ditulis dan dikemas dalam bingkai kata yang jujur dan membiarkan aksara menginvasi makna di area broca pembaca blognya.

Saya tak tau pasti darimana dan bagaimana ide nama domain blog Djangkarubumi bisa muncul di benak adminnya. Jangan-jangan itu nama asli dari adminnya (mudah-mudahan adminnya berkenan memberikan klarifikasi hehehehe....)

Yang pasti setiap orang bisa menangkap kesan yang kuat, hebat dan mengikat dari domain ini. Seperti sebuah pasak yang dihunjamkan ke bumi dan menjadi pondasi.

Bisa jadi, di era digital dengan devisit atensi untuk membaca, sebuah blog dengan hal-hal yang jujur ditulis di dalamnya bisa menjadi pondasi untuk mempertahankan keberadaan generasi literasi dari serbuan informasi tanpa gizi.

Semoga blog dengan domain-domain unik ini bisa menginspirasi.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar